6 Alasan Makan Makanan Sehat

Makan sehat tidak selalu mudah, tetapi melakukan diet sehat dapat menjadi salah satu keputusan paling cerdas yang pernah Anda buat. Mengapa? Tidak hanya makan dengan baik membuat Anda terlihat dan merasa lebih baik, itu juga dapat menghemat uang untuk biaya kesehatan di masa depan.

Tetapi bahkan jika Anda berniat untuk “makan sehat,” tahu persis apa artinya itu bisa menantang. “Mengikuti diet sehat termasuk memilih banyak daging tanpa lemak, telur, sayuran, buah, gandum utuh dan produk susu,” kata Debra Nessel, ahli diet terdaftar di Torrance Memorial Medical Center di Torrance, California.

Makan dengan baik juga berarti meninggalkan atau jarang mengonsumsi makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan natrium. Itu termasuk sebagian besar makanan cepat saji, soda penuh kalori, makanan ringan olahan seperti keripik dan kerupuk, dan apa pun dengan lebih banyak miligram natrium daripada kalori dalam satu porsi.

Berikut adalah Alasan Utama Makan Makanan Bergizi

1. Meningkatkan produktivitas

Seperti halnya mobil, otak Anda membutuhkan bahan bakar berkualitas untuk berjalan secara efisien. Ketika datang ke pekerjaan Anda, bekerja lebih efisien dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak, karena mereka yang berprestasi biasanya berada di urutan pertama untuk promosi dan kenaikan gaji. Nessel mengatakan kliennya sering mengalami peningkatan fokus tak lama setelah memperbaiki diet mereka.

Berapa banyak yang bisa dimakan untuk membantu kesehatan? Satu studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh Population Health Management menemukan bahwa makan makanan yang tidak sehat menempatkan Anda pada 66% peningkatan risiko kehilangan produktivitas. Studi lain dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine menemukan bahwa diet yang tidak sehat mewakili risiko tertinggi untuk produktivitas rendah dari 19 faktor risiko yang mungkin terjadi, termasuk kurang olahraga, nyeri kronis, dan ketidakstabilan keuangan.

2. Menghemat uang untuk asuransi jiwa

Premi asuransi kesehatan tidak dapat didasarkan pada faktor kesehatan, karena setiap orang diharuskan memiliki cakupan kesehatan. Namun, tarif asuransi jiwa sebagian besar didasarkan pada usia dan kesehatan.

Jika Anda berbelanja untuk asuransi jiwa, perusahaan asuransi jiwa kemungkinan akan meminta izin untuk mendapatkan catatan medis Anda, dan mungkin memerlukan ujian medis asuransi jiwa. Anda bisa menghadapi dua kali lipat biaya asuransi jiwa jika Anda gemuk. Beralih ke diet yang lebih sehat dan mempertahankan berat badan yang baik sebelum Anda mengajukan polis dapat menurunkan biaya secara signifikan.

3. Meningkatkan mood

Apa yang Anda makan berdampak pada otak Anda, termasuk bagian-bagian yang mengatur suasana hati. Meskipun tidak ada makanan tunggal yang bertindak sebagai antidepresan yang terbukti, mempertahankan gula darah yang stabil melalui nutrisi yang teratur dan tepat akan membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan pada sebagian besar hari. Makanan yang kaya vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, biji-bijian dan sayuran, telah dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah secara keseluruhan, seperti halnya makanan yang kaya lemak omega-3, seperti kacang-kacangan, salmon, dan ikan berlemak lainnya.

Kebahagiaan sejati bukan hanya tentang tidak adanya depresi; itu juga termasuk kesejahteraan umum. “Saya sering mendengar klien rave tentang peningkatan energi mereka, suasana hati yang lebih stabil, tidur yang lebih baik, penurunan nyeri sendi” dan kemampuan yang lebih besar untuk memusatkan pikiran mereka setelah beralih ke pola makan yang lebih sehat, kata Nessel.

Makan sehat juga bisa mengurangi stres. Ketika tubuh Anda dalam kondisi stres kronis, ia memecah protein untuk mempersiapkan diri menghadapi pertempuran, tetapi makanan tertentu memiliki kemampuan untuk memoderasi tingkat kortisol tubuh, hormon stres. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi makanan dengan asam lemak omega-3 dan magnesium dapat membantu mengurangi kadar kortisol. Makan makanan kaya protein, termasuk ikan dan susu, dapat membantu mengisi kembali cadangan protein dan menjaga kadar kortisol rendah.

4. Mengatur berat badan

Kebanyakan orang tahu ini, tetapi masih layak mendapat tempat di daftar ini karena lebih dari setengah orang Amerika kelebihan berat badan atau obesitas, dan obesitas berkontribusi hampir 1 dalam 5 kematian orang Amerika. Bahkan jika itu hanya 5-10%, mengurangi berat badan Anda dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurut Koalisi Aksi Obesitas.

Pilihan sehat sederhana seperti mengganti soda dengan air, memilih sayuran daripada keripik, dan memesan salad di tempat kentang goreng tidak hanya akan membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga dapat membantu Anda menghemat uang. Rata-rata orang yang obesitas menghabiskan $ 2.741 lebih untuk perawatan kesehatan per tahun dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal, menurut sebuah studi tahun 2012 dalam Journal of Health Economics yang melihat data dari tahun 2000-2005.

5. Lebih sehat

Tidak semua orang yang kurus itu sehat, dan tidak semua orang yang kelebihan berat badan tidak sehat, tetapi makan dengan benar dapat meningkatkan kesehatan bahkan bagi orang kurus yang adalah pecandu junk food. Anda dapat menganggap junk food sebagai sesuatu yang tinggi kalori dan rendah gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Ini termasuk keripik kentang, makanan berminyak seperti kentang goreng, dan soda.

Jika Anda kehilangan terlalu banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda, Anda bisa menempatkan diri pada risiko kematian dini. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran per hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari penyebab yang berhubungan dengan kesehatan.

6. Hidup lebih lama

Penyakit yang sama yang membuat Anda merasa buruk dan menghabiskan banyak uang juga dapat menurunkan harapan hidup Anda. Diet buah dan sayuran, dalam kombinasi dengan olahraga, dikaitkan dengan harapan hidup lebih lama bagi wanita di usia 70-an, menurut sebuah studi dalam Journal of the American Geriatrics Society.

Studi lain menunjukkan hubungan serupa antara umur panjang dan pembatasan kalori atau konsumsi makanan Mediterania, yang mencakup banyak buah, sayuran, dan lemak omega-3 dari ikan dan minyak zaitun. Tidak peduli bagaimana Anda memotongnya, diet sehat dapat memainkan peran penting dalam berapa lama Anda akan hidup.

Referensi Artikel :

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *