7 Manfaat Membaca Buku: Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Kapan terakhir kali Anda membaca buku, atau artikel majalah penting? Apakah kebiasaan membaca harian Anda berpusat pada tweet, pembaruan Facebook, atau sosial media lainnya?

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang tidak terbiasa membaca secara teratur, Anda mungkin kehilangan kesempatan.

Membaca Memiliki Banyak Manfaat, dan Inilah 7 Manfaat Membaca

1. Stimulasi Mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa tetap terstimulasi secara mental dapat memperlambat kemajuan (atau bahkan mungkin mencegah) Alzheimer dan Demensia, karena menjaga otak Anda aktif dan aktif mencegahnya dari kehilangan kekuatan.

Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan untuk membuatnya kuat dan sehat, sehingga frasa “gunakan atau hilangkan itu” sangat tepat ketika datang ke pikiran Anda. Melakukan teka-teki dan bermain game seperti catur juga terbukti membantu dengan stimulasi kognitif.

2. Pengurangan Stres

Tidak peduli berapa banyak stres yang Anda miliki di tempat kerja, dalam hubungan pribadi Anda, atau masalah lain yang tak terhitung jumlahnya yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, semua itu hilang begitu saja ketika Anda kehilangan diri sendiri dalam sebuah kisah yang hebat. Sebuah novel yang ditulis dengan baik dapat membawa Anda ke alam lain, sementara artikel yang menarik akan mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda tetap pada saat ini, membiarkan ketegangan mengering dan membuat Anda rileks.

3. Pengetahuan

Segala sesuatu yang Anda baca memenuhi kepala Anda dengan bit-bit informasi baru, dan Anda tidak pernah tahu kapan itu akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin lengkap Anda untuk mengatasi setiap tantangan yang pernah Anda hadapi.

Selain itu, inilah sedikit makanan untuk dipikirkan: jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam keadaan yang mengerikan, ingatlah bahwa meskipun Anda mungkin kehilangan segalanya – pekerjaan Anda, harta benda Anda, uang Anda, bahkan kesehatan Anda – pengetahuan tidak pernah dapat diambil dari Anda.

4. Ekspansi Kosakata

Ini sesuai dengan topik di atas:

Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak kata yang Anda temukan, dan mereka pasti akan masuk ke dalam kosa kata sehari-hari Anda.

Menjadi artikulatif dan berbicara dengan baik sangat membantu dalam profesi apa pun, dan mengetahui bahwa Anda dapat berbicara dengan atasan dengan kepercayaan diri bisa menjadi dorongan besar untuk harga diri Anda. Itu bahkan dapat membantu dalam karir Anda, karena mereka yang banyak membaca, berbicara dengan baik, dan berpengetahuan luas tentang berbagai topik cenderung mendapatkan promosi lebih cepat (dan lebih sering) daripada mereka yang memiliki kosakata lebih kecil dan kurang kesadaran akan literatur, terobosan ilmiah, dan peristiwa global.

Membaca buku juga penting untuk mempelajari bahasa baru, karena penutur non-pribumi mendapatkan paparan kata-kata yang digunakan dalam konteks, yang akan memperbaiki kelancaran berbicara dan menulis mereka sendiri.

5. Peningkatan Memori

Ketika Anda membaca buku, Anda harus mengingat bermacam-macam karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, dan nuansa mereka, serta berbagai busur dan sub-plot yang menjalin jalan mereka melalui setiap cerita. Itu agak adil untuk diingat, tetapi otak adalah hal yang luar biasa dan dapat mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah.

Cukup mengherankan, setiap memori baru yang Anda buat membentuk sinapsis baru (jalur otak) dan memperkuat memori yang sudah ada, yang membantu dalam mengingat memori jangka pendek serta menstabilkan suasana hati. Betapa kerennya itu?

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan daya ingat dan menjadi 10x lebih pintar, lihat teknik ini!

6. Keterampilan Berpikir Analitis Yang Lebih Kuat

Pernahkah Anda membaca novel misteri yang menakjubkan, dan memecahkan sendiri misteri sebelum menyelesaikan buku? Jika demikian, Anda dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis dengan mencatat semua detail yang disediakan dan memilahnya untuk menentukan “whodunnit”.

Kemampuan yang sama untuk menganalisis perincian juga berguna ketika mengkritik plot; menentukan apakah itu adalah karya yang ditulis dengan baik, jika karakter dikembangkan dengan benar, jika alur cerita berjalan dengan lancar, dll.

Jika Anda pernah memiliki kesempatan untuk membahas buku dengan orang lain, Anda akan dapat menyatakan pendapat Anda dengan jelas, karena Anda telah meluangkan waktu untuk benar-benar mempertimbangkan semua aspek yang terlibat.

7. Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

Di dunia kita yang tergila-gila internet, perhatian diambil dalam jutaan arah yang berbeda sekaligus ketika kita melakukan banyak tugas setiap hari.

Dalam rentang 5 menit tunggal, rata-rata orang akan membagi waktu mereka antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang (melalui gchat, skype, dll.), Mengawasi twitter, memantau smartphone mereka, dan berinteraksi dengan rekan kerja. Jenis perilaku seperti ADD ini menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita.

Saat Anda membaca buku, semua perhatian Anda terfokus pada cerita — bagian dunia lainnya hilang begitu saja, dan Anda dapat membenamkan diri dalam setiap detail halus yang sedang Anda serap.

Cobalah membaca selama 15-20 menit sebelum bekerja (mis. Dalam perjalanan pagi Anda, jika Anda menggunakan angkutan umum), dan Anda akan terkejut dengan betapa jauh lebih fokusnya Anda ketika Anda sampai di kantor.

Informasi tambahan: jika Anda merasa tetap fokus dan berusaha meningkatkan fokus Anda, ada kemungkinan Anda salah melakukannya.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *