Cara Revolusioner Untuk Memperbaiki Makan Siang Sehat di Sekolah

Ketika siswa kembali ke sekolah, apa yang akan mereka makan untuk makan siang?

Di Amerika, 30 juta siswa makan siang hari yang dilayani oleh sekolah setiap hari. Setiap makanan terlihat berbeda, tetapi lebih sering daripada tidak, siswa makan item seperti ayam popcorn dengan saus, pizza keju, dan stik ikan dengan mac dan keju.

Makan siang di sekolah biasanya tidak segar atau disiapkan dari awal. Sebagai gantinya, siswa sering disajikan makanan olahan tinggi yang kurang gizi. Dan ketika buah-buahan dan sayuran tersedia, mereka sering disajikan dengan cara yang tidak membangkitkan selera.

Namun di seluruh negeri, makan siang di sekolah menjadi lebih baik dengan beberapa cara yang luar biasa.

10 Cara Orang Meningkatkan Makan Siang di Sekolah

Dari lebih banyak makanan lokal hingga kebun dan lebih banyak pilihan bertenaga tanaman, makanan sekolah menjadi lebih baik di beberapa sekolah. Sebagai contoh:

1) Program Pertanian ke Sekolah

Farm to School Network menawarkan sumber daya untuk membantu penyedia nutrisi anak menambah dan mempromosikan makanan lokal di kafetaria sekolah. Program Pertanian ke Sekolah, melalui USDA, juga menawarkan sumber daya dan hibah untuk membantu memasukkan makanan lokal, meningkatkan pendidikan, dan memperluas kebun sekolah.

Program pertanian ke sekolah dapat membantu menumbuhkan kebun sekolah dan memasukkan makanan lokal ke dalam makanan sekolah. Mereka juga mempromosikan kegiatan lain untuk mendukung makan siang sekolah yang lebih baik dan mendorong siswa untuk menikmati makanan sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa program-program ini dapat mendorong kebiasaan makan yang sehat dan para partisipan lebih mungkin untuk mencoba buah dan sayuran.

2) Peningkatan Kebun Sekolah

Di A.S., taman sekolah berkembang. Dari taman menara dalam ruangan di Vermont hingga tempat tidur terangkat di Kota New York dan kebun makanan asli di komunitas suku, USDA 2015 hingga Sensus Sekolah menunjukkan bahwa sekarang ada lebih dari 7.000 taman sekolah.

Di sekolah menengah di California, koki dan penulis, Alice Waters, menciptakan proyek halaman sekolah yang dapat dimakan, taman seluas satu hektar, dan ruang kelas dapur.

3) Menambahkan Lebih Banyak Salad Bar ke Sekolah

Program Let’s Move Salad Bars to Schools, diluncurkan pada 2010, adalah aliansi di antara koki Ann Cooper, asosiasi produksi, dan pedagang grosir. Tujuannya adalah untuk memiliki salad bar di setiap sekolah di Amerika.

Salad bar memberikan variasi dan pilihan kepada siswa. Dan penelitian menunjukkan bahwa memasukkan salad bar ke makan siang di sekolah meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar anak-anak.

4) Distrik Sekolah Umum yang Berhasil Sumber Makanan yang Berfokus pada Kesehatan dan Berkelanjutan

Pada tahun 2016, Oakland Unified School District di California bermitra dengan Center for Good Food Purchasing untuk mendapatkan makanan dari pertanian lokal dan perusahaan yang menyediakan bahan-bahan bergizi dan diproses secara minimal – dan yang mengikuti praktik kerja-adil dan membayar upah kerja kepada karyawan.

Selama dua tahun, distrik sekolah mengurangi produk hewani yang dilayaninya sebesar 30%. Dan banyak dari daging yang masih disajikan dibeli dari sumber yang dipilih dengan hati-hati dari penggembalaan.

Kabupaten menemukan bahwa sumber makanan yang lebih berkualitas, lebih bergizi, lebih banyak bersumber secara lokal dan menyiapkan lebih banyak makanan di tempat dapat membuat makanan sehat yang dinikmati siswa – bahkan ketika bekerja dalam anggaran.

5) Distrik Sekolah Umum yang Menghilangkan Makanan Olahan dan Bahan-Bahan Tidak Sehat

Distrik Sekolah Bersatu Berkeley di California telah menghilangkan:

  • Makanan olahan, termasuk semua minyak terhidrogenasi dan terhidrogenasi sebagian;
  • Sirup jagung fruktosa tinggi, gula halus, dan tepung halus;
  • Dan bahan kimia, pewarna, aditif, dan nitrat.
  • Kafetaria juga menyajikan susu organik lokal dan sebanyak mungkin buah dan sayuran organik.

6) Bagaimana Satu Sekolah di Detroit Mengubah Makanan Sekolah menjadi Lebih Baik

Makanan sekolah di Detroit, Michigan, tidak lagi menyajikan nugget ayam, hot dog, dan jagung. Sekarang, mereka menyajikan buah segar, salad hijau, daging tanpa lemak, dan roti gandum.

Sekali seminggu, para siswa diperkenalkan dengan sayuran mentah baru, seperti jicama, kacang polong, atau asparagus.

Dan sekolah umum Detroit sekarang membeli 22% dari produk mereka dari pertanian di negara bagian Michigan.

7) Bagaimana Satu Sekolah Berpenghasilan Rendah di Oregon Melayani Makanan Segar, Dari Gores Harian

Di Kids Unlimited Academy (KUA) di Medford, Oregon, tiga makanan sehat sehari disiapkan dari nol untuk lebih dari 300 anak selama setahun terakhir. Hampir semua siswa hidup di bawah garis kemiskinan federal, 80% adalah Latin, dan hampir setengahnya tidak berbicara bahasa Inggris di rumah.

“Jika kita benar-benar akan mencoba mengubah hidup mereka, kita perlu menyadari bahwa kita adalah sumber makanan utama mereka,” kata Direktur Eksekutif, Tom Cole.

8) Pilihan Makan Siang Sekolah Berbasis Tumbuhan Ditawarkan di Distrik Sekolah Terbesar ke-2 Amerika dan Sekolah-Sekolah Lain di Negara ini

Setelah program percontohan yang sukses menawarkan makan siang sekolah berbasis nabati di tujuh sekolah Los Angeles, Distrik Los Angeles Unified School dapat menjadi yang pertama di negara ini untuk menyediakan pilihan makan siang vegan di setiap sekolah.

Perubahan ini terjadi berkat Lila Copeland, seorang siswa dan direktur pemuda untuk Perdamaian Bumi nirlaba. Copeland berencana untuk membawa lamarannya untuk hidangan vegetarian setiap hari ke Departemen Pendidikan California. Dan tujuannya adalah untuk memberikan setiap siswa di California pilihan untuk memilih makanan nabati dan minuman nondairy pada saat ia lulus sekolah menengah pada tahun 2020.

Pilihan makan siang sekolah bertenaga nabati juga tersedia di 1.200 sekolah umum New York City. Dan New York sekarang memiliki setidaknya tiga sekolah dasar yang semuanya vegetarian, dengan pilihan seperti Jil yang ceroboh, kacang hitam direbus dengan pisang raja, dan tahu teriyaki renyah.

9) Senin Tanpa Daging di Sekolah Di AS

Lebih dari 50 distrik sekolah di AS mulai mengamati Senin Tanpa Daging.

Menurut Miguel Villarreal, Direktur Layanan Makanan dan Nutrisi Distrik Novato Unified School di Novato, California, “Senin Tanpa Daging memungkinkan saya untuk terus mendidik siswa, guru, dan masyarakat tentang manfaat makan lebih banyak makanan nabati dan lebih sedikit daging. ”

Di New York, Senin Tanpa Daging awalnya akan diluncurkan sebagai program percontohan di 15 sekolah umum di Brooklyn. Jika program awal ini terbukti berhasil, seluruh distrik sekolah umum kota dapat berpartisipasi di masa depan. Rencana ini didukung oleh Presiden Borough Brooklyn Eric Adams, yang berhasil membalikkan diabetes tipe 2-nya menggunakan pola makan nabati.

10) Sekolah Kota New York Bisa Menjadi yang Pertama Melarang Daging Olahan

Pada bulan Maret 2018, Adams juga memperkenalkan resolusi kepada Dewan Kota New York yang akan menghapus daging olahan dari makan siang sekolah kota.

Resolusi tersebut mengutip sebuah laporan tahun 2015 dari Organisasi Kesehatan Dunia yang menyatakan daging olahan, seperti hot dog, pepperoni, bacon, sosis, dan daging deli, dapat bersifat karsinogenik bagi manusia.

Adams berkata: “Kita tidak bisa terus memberi makan anak-anak kita zat-zat yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan peluang mereka terkena kanker di kemudian hari.”

Referensi :

https://content.govdelivery.com/accounts/MNMDH/bulletins/11a1f6a
https://www.nrdc.org/stories/getting-better-school-lunch
https://www.ecowatch.com/farm-to-school-oakland-2419072502.html
https://www.wkkf.org/what-we-do/featured-work/school-food-focus

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *